Jenis-jenis Pentil Tubeless,Mana Yang Paling Bagus?

Memilih pentil tubeless terbaik untuk ban motor,zaman sudah semakin modern kendaraan pun terus berinovasi menyesuaikan perkembangan teknologi.saat ini kendaraan baik motor maupun mobil menggunakan ban tubeless,salah satu bagian terpenting dari ban tubeless yaitu pentil.
Lubang satu-satunya yang menjadi pintu keluar masuknya udara pada ban adalah pentil,tapi tahukah sobat dalam memilih pentil tubeless tidak asal pilih,asal pasang saja,perlu dikerahui pentil yang baik agar udara tidak gampang keluar.

Lalu seperti apa sih pentil tubeless yang bagus itu,yang awet dan tidak gampang bocor?
Baiklah sobat saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya mengenai pentil tubeless untuk ban motor.Sudah cukup lama saya menjadi seorang montir di tempat penjualan ban motor,memasang ban motor baik ban tube type maupun ban tubeless sudah biasa,berbagai masalah dalam pemasangan ban motorpun sudah sering saya jumpai,dan salah satu diantaranya yiatu ketika memasang ban motor tubeless.

Kasus yang saya temukan ketika memasng ban motor tubeless yaitu pelanggan yang kembali beberapa saat setelah mengganti ban baru,setelah ditanya apa masalahnya,ternyata ban motor barunya kempes,bukan karena tertusuk paku melainkan bocor dari bagian pentilnya.
Jika kebetulan sobat menemukan masalah serupa apa yang sobat lakukan?
Baiklah sobat saya akan memberikan sedikit tips mengatasi pentil tubeless yang bocor,sebernarnya bukan bocor sih,saya lebih suka menyebutnya sengan kata rembes,hheu..
Ada dua poin yang harus sobat lakukan ketika pentil tubeless rembes,yaitu:

  • Bersihkan lubang velg dari karat dan kotoran yang menempel,untuk cara membersihkannya sobat tidak perlu memlepasakan rosa dari motor,langsung todong saja dalam posisi ban terpasang dimotor,buka ban kemudian lepaskan pentil setelah itu bersihkan menggunakan air sabun,setelah selesai pasang kemabali pentil dan pomba ban.
  • Jika poin pertama sudah dilakukan namun pentil masih rembes,langkah terakhir yaitu mengganti karet seal,karet seal yang rusak biasanya menjadi penyebab pentil rembes.
Mudah-mudahan kedua poin ini bisa mengatasi pentil tubeless yang rembes.Pada dasarnya pentil yang bagus itu tidak akan bocor jika sudah dipasang di velg,oleh karena itu sobat perlu mengetahui jenis-jenis pentil tubeless supaya bisa menilai mana pentil yang paling bagus dan cocok untuk motor sobat.

Pentil tubeless yang bagus adalah pentil yang memiliki dua poin berikut ini


1.Memiliki 2 karet seal
Fungsi kedua karet seal ini menahan besi pentil dari luar dan dalam sehingga udara dari dalam tidak keluar dan menjadikan ban kedap udara,apabila karet seal ini hanya satu bisa saja dipakai namun tidak akan tahan lama karena tidak cukup menahan baut sehingga pentil akan pecah akibatnya udara dari dalam ban keluar.

 2.Memiliki 2 baut

Fungsi kedua baut ini untuk mengencangkan pentil,baut pertama untuk menekan kedua karet sel sehingga lebih presisi dan baut kedua mengencangkan baut pertama sehingga lebih paten.

Ada banyak jenis pentil tubeless yang bisa sobat pilih,mulai dari bawaan motor sampai yang banyak dijual di bengkel,accesoris dan toko online.
Jika sobat salah memilih pentil tubeless akibatnya adalah ban motor mudah kempes karena udara dari dalam ban terus keluar melalui pentil.
Jenis-jenis pentil dibawah ini penting untuk sobat ketahui supaya tidak salah pilih,mari kita bahas bersama.

  • Pentil bukaan luar

Pentil jenis ini sudah memenuhi kriteria pentil yang bagus yaitu memiliki dua karet seal dan dua baut,tapi perhatikan posisi baud yang berada di atas,sesuai dengan namanya pentil bukaan luar yaitu baud yang diletakan diluar.
Kekurangan pentil jenis ini yaiu baut mudah kendor,dan fatalnya pentil jenis ini mudah dibuka dari luar karena posisi bautnya yang berada diluar dirasakan tidak aman digunakan.
  • Pentil bukaan dalam
Berbeda dengan pentil bukaan luar,pemasangan baut di dalam lebih baik dan aman,pentil jenis ini cukup kuat dan awet,kunci dari bagus tidak nya pentil tubeless adalah pda karet seal ny,apabila karet ini pecah akibat pemasangan baut yang terlalu kencang maka karet akan pecah dan mengakibatkan angin dari dalam ban keluar.
  • Pentil model L
Hampir sama dengan model pentil bukaan dalam,yang membedakan biasanya pentil jenis ini deguanakan untuk motor-motor tertentu,biasanya dipakai di velg dengan diameter kecil(rim 12),tujuannya untuk memudahkan dalam pengisian angin.

  • Pentil Karet
Pentil jenis ini biasanya dipakai di motor bawaan pabrik,jika motor dari pabrikan sudah menggunakan ban tubeless biasanya menggunakan pentil jenis karet,keunggulan dari pentil ini sudah terjamin,karet tidak mudah pecah dan yang pasti panjang umur.
Jika sobat hendak mengganti ban tubeless baru tapi sudah ada pentil bawaan seperti ini sebaiknya biarkan saja jangan di ganti dengan pentil baru.

        

Itulah anekaragam pentil tubeless,kesimpulannya adalah pentil terbaik untuk ban tubeless adalah pentil jenis karet.jika motor bawaan pabrik sudah memakai ban tubeless biasanya menggunakan pentil jenis ini.
Terimakasih atas perhatiannya,sampai jumpa di artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jenis-jenis Pentil Tubeless,Mana Yang Paling Bagus?"