Perawatan Ban Motor Tube Type Supaya Gak Gampang Bocor

Ban motor tube type- pernahkah anda mengalami nasib sial seperti ban bocor di tengah jalan dalam kondisi terburu-buru dalam perjalanan berangkat kerja?
tentunya hal ini menjadi momen yang sangat menjengkelkan ya sobat.Kejadian semacam ini jangan sampai terulang terus menerus,nah untuk mengatasi hal ini ada baiknya sobat membaca bebrapa tips berikut ini untuk merawat ban motor sobat supaya kejadian seperti ban bocor di tengah jalan tidak terulang lagi.

Bicara tentang ban motor,ada dua jenis ban motor yaitu ban motor bubeless (TL) dan ban motor biasan/tube type (TL).
Namun dalam pembahasan kali ini kit bahas satu dulu yaitu perawatan ban motor tube type.

Ban motor tube type adalah jenis ban motor yang menggunakan pelapis ban dalam,ban jenis ini dipakai untuk ban motor dengan velg jari-jari,kelemahan dari ban jenis ini yaitu ban gampang bocor jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk meminimalisir agar ban tidak mudah bocor,perlu dilakukan perawatan yang rutin.
Hingga saat ini ban motor tube type masih banyak dicari para pengguna sepeda motor,selain harganya yang terlatif terjangkau,penggunaan velg jari-jari menjadikan pemilik motor memilih untuk membeli ban motor jenis tube type.
ceritablogku.blogspot.com

Faktor yang menyebabkan ban motor gampang bocor salah satu nya dikarenakan kondisi jalan yang berlubang dan berbatu serta perawatan yang tidak teratur menjadikan ban jenis ini mudah bocor,akibat dari kurangnya perawatan ban motor selain ban gampang bocor adalah kerusakan pada ban,seperti ban motor benjol,kawat dalam ban motor keluar,ban motor retak,dll.
Dipostingan saya kali ini akan berbagi tips tentang perawatan ban motor jenis tube type agar tidak cepat rusak dan tidak gampang bocor.


1.Cek tekanan angin ban
Hal yang sering kita sepelekan salah satunya adalah tidak memperhatikan tekanan angin pada ban motor,tekanan angin yang terlalu tinggi dan sebaliknya akan berpengaruh terhadap ban motor sobat.
Tekanan angin yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan ban motor benjol,ini menandakan ban motor sudah tidak layak pakai dan harus diganti.

Sedangkan tekanan angin yang terlalu rendah mengakibatkan ban retak dibagian diding samping ban.
Untuk tekanan angin ban belakang yaitu 36psi dan ban depan 28psi dengan toleransi masing-masing 3psi.usahakan melakukan pengecekan tekanan angin secara berkala setiap satu bulan sekali.

2.Perhatikan berat beban kendaraan
Salah satu penyebab ban motor sobat gampang bocor karena berat barang bawaan kendaraan,beratnya beban yang melebihi kapasitas mengakibatan tekanan udara semakin kuat sehingga menimbulkan gesekan antara ban dalam dan ban luar,selain menyebabkan kebocoran,beban berat juga mengakibatkan struktur ban menjadi rusak,biasanya ini yang menyebabkan terjadinya bocor alus.

Untuk mengatasi hal ini sebagiknya pakai ukuran yang lebih besar dari ukuran standar,misalanya ban motor sobat ukuran standarnya 80/90-17 sebaiknya ganti ukuran yang lebih besar dengan ukuran 90/90-17.Naikan ukuran satu tingkat saja jangan lebih,jika ukuran terlalu besar pengaruhnya adalah motor menjadi berat sehingga boros bahan bakar.

3.Kondisi pentil ban
Pentil ban satu-satunya lubang angin harus diperhatikan,biasanya pemasangan ban dalam yang tidak baik mengakibatkan penti miring,ini menyebabkan kerusakan pada pentil dan lebih parahnya lagi penti bisa jebol.

Selain melihat posisi pentil,sebaiknya lihat juga bagian pangkal pentil,biasanya ban dalam yang sudah lama dibagian pangkal pentil akan terdapat karat yang disebabkan masuknya air,jika dibiarkan terus menerus dapat berdampak buruk terhadap ketahanan ban dalam.

Sebaiknya lihat kondisi ban dalam jika sudah berkarat di bagian pentilnya dan terlalu banyak bekas tambalan di ban tersebut lebih baik jika ban dalam diganti dengan yang baru.
Gantilah ban dalam yang sesuai dengan ukuran ban luar.
Jika ban dalam tidak sesuai dengan ukuran ban luar,misalnya ban dalam yang terlalu kecil ukurannya,akibatnya adalah ban dalam akan lebih mengembang dan berbahaya jika terus menerus dipakai yaitu ban mudah bocor dan pecah.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya sobat,ingatlah peranan ban sangat vital dalam berkendara,sebagai bukti mengapa ban motor sangat penting,sobat bisa ambil contoh pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu motoGP.Pemilihan ban motor berperan penting sebelum berlangsungnya balapan begitupun dengan ban motor yang kita pakai sehari-hari.oleh karena itu ada baiknya kita memperhatikan kodisi ban motor kita secara rutin.
Itulah tadi sedikit ulasan tentang perawatan ban motor tube type,semoga bisa sobat terapkan di kehidupan sehari-hari,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perawatan Ban Motor Tube Type Supaya Gak Gampang Bocor"

Post a Comment