Trik Mudah Memasang Pentil Tubeless Baut Bukaan dalam

Memasang pentil model baut bukaan dalam di motor velg cw standar khususnya motor bebek bagi yang kurang paham mungkin akan susah.
Pentil model ini biasanya mempunyai karet seal yang lebih tebal dibandingkan dengan pentil tubeleess baut bukaan luar.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat mudah,jadi bila sobat sedang kebingungan memasang pentil model baut bukaan dalah di motor sobat,ulasan dibawah ini mungkin bisa membantu menemukan solusinya.


Pentil tubeless bukaan dalam susah dipasang bila belum pernah mencobanya mungkin akan menemukan kesulitan,apalagi velg yang akan dipasang pentil tubeless tebal.
Masalah ini biasanya ditemukan ketika akan dipakai di velg motor standar bawaan pabrik/velg ori dengan ban bawaan bukan tubeless seperti velg motor Matic standar dan velg motor bebek sandar.

ketika sobat diberi pilihan jenis-jenis pentil tubeless.sangat tepat jika sobat memilih model pentil baut bukaan dalam,selain lebih kuat juga lebih aman dipakai.
Solusi paling mudah mengatasi pentil yang susah dipasang di velg ori adalah mengurangi ketebalan karet seal dengan cara memotong menggunakan cuter atau gunting sehingga karet seal jadi lebih tipis.

Tool/alat bantu yang dibutuhkan yaitu cuter atau gunting.
Lalu apa susahnya sih masang pentil tubeless doank ko ribet amat?
Begini sobat,ketika memasng pentil tubeless bisanya ada dua baut,baut pertama itu mudah saja dimasukan,yang bikin susuah itu baut keduannya karena sudah tidak ada lagi ruang untuk memasukannya dikarenakan tebal karet seal tadi.

Baut kedua dari pentil tubeless bukaan dalam biasanya susah dimasukan karena ketebalan karet seal,jika karet seal dipotong sedikit maka akan mudah memasang baut kedua mengingat baut ini sangat penting untuk mengencangkan pentil tubeless pada velg motor sobat.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama langkah-langkah memasang pentil tubeless baut bukaan dalam berikut ini.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan yaitu,kunci pas atau kunci ring atau kunci T ukuran 12.
  • Buka kedua baut di pentil tubeless kemudaian potong salah satu ujung karet seal dengan cuter atau gunting yang sudah sobat siapkan tadi,potong ujungnya saja jangan terlalu banyak.
  • Masukan pentil ke lubang velg,karet seal yang masih utuh di bagian luar dan karet seal yang sudah dipotong di bagian dalam kemudaian kencangkan pentil tubeless dengan kedua baut.Perlu diperhatikan sebelum memasang pentil ke dalam velg sebaiknya bersihkan dulu bagian pinggir lubang velg menggunakan sikat kawat atau cuci bersih dengan air sabut untuk menghindari rembes.
  • Pentil sudah siap,langkah berikutnya memasang ban tubeless di motor sobat.Pastikan tidak ada angin yang keluar dari sela-sela karet tersebut,jika sudah rapat pemasangn pentil tubeless sudah selesai.
Ada satu jenis velg ori yang sangat tebal,penalaman saya selama memasang pentil tubeless di velg ini sangat sulit meskipun kedua karet seal sudah dipotong,velg tersebut yaitu velg ori motor Suzuki Sky drive dan Skywave.
Untuk memasang pentil tubelesss model baut bukaan dalam di velg ini sebaiknya potong kedua karket seal kemudian tekan bagian kepala pentil bersamaan dengan memasukan kedua baut.

Adapun beberapa jenis velg yang tidak memerlukan cara-cara diatas,jika sobat memasang pentil tubeless di velg lokal/bukan bawaan motor tidak perlu memotong karet seal,mengapa demikian?
Biasnya velg lokal lebih tipis sehingga mudah untuk memasang pentil tubeless.
Velg motor ori yang sudah memakai ban tubeless bawan pabrik juga tidak perlu memotong karet seal,biasanya velg ini mempunyai lubang pentil yang lebih lebar dari velg biasa,tapi lebih baik sobat jangan mengganti pentil tubeless bawaan pabrik dengan pentil tubeless model apapun,karana pentil model ini sangat awet.

Itulah sedikit tips tentang memasang pentil tubeless model baut bukaan dalam,semog bermanfaat,jika sobat punya trik lain selain cara yang saya sebutkan diatas,alangkah baiknya berbagai disini untuk menambah wawasan saya khususnya.
Sekian informasi dari saya,terimakasih atas perhatiannya dan sampai bertemu di kesempatan lain dengan tips-tips yang lain,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Mudah Memasang Pentil Tubeless Baut Bukaan dalam"

Post a Comment