Cara Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-Jari

Apakah velg motor jari-jari bisa dipasang ban tubeless? bagi sobat yang baru mendengar hal ini mungkin terasa sangat aneh karena hampir tidak mungkin velg jari-jari bisa dipasang ban tubeless.
Namun dengan beberapa percobaan ternyata jawabannya adalah bisa,velg jari-jari juga bisa kita pasang ban tubeless atau tanpa menggunakan ban dalam.

Pengalaman ini saya dapatkan ketika pada tahun 2012an lalu saya bekerja di sebuah toko ban yang khusus menjual ban motor,ada bebrapa konsumen yang mengingninkan ban motornya di buat tubeless padahal menggunakan velg jari-jari.
Pertama saya mendengarnya saya rasa tidak mungkin dilakukan mengingat velg jari-jari yang hampir di sekelilingnya bolong,hal ini sangat memungkinkan angin akan keluar dan secara otomatis ban akan selalu bocor.

Namun hal itu tidak jadi masalah ketika salah seorang teman saya yang bisa dikatakan sudah senior dan sangat berpengalaman dalam hal bongkar pasang ban motor sehingga dia bisa memasang ban motor tubeless di velg jari-jari.
Lalu apa saja yang dibutuhkan dan bagaiman langkah-langkah untuk melakukannya?dalam artikel ini saya akan coba berbagi cara memasang ban tubeless di velg jari-jari,mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat yang kebetulan sedang mencari cara memasanggnya.
Baiklah sobat langsung saja kita siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memasangnya:

  • Velg jari-jari
Velg jari-jari ini tidak asal velg,melaikan velg yang lebih besar dari ukuran standar,dalam artikan velg yang ukurannya standar bawaan pabrik cukup sulit untuk melakukan cara ini.
Lalu velg seperti apa yang bisa dipakai untuk memasang ban tubeless? Sebaiknya sobat siapkan velg yang ukurannya lebih  besar dari ukuran standar misalnya 1,85mm untuk velg depan dan 2,5mm untuk velg belakang,ini ukuran minimal,lebih lebar lebih bagus.
  • Ban dalam 
Mengapa pakai ban dalam?katanya yang namanya ban tubeless itu tidak pakai ban dalam,sabar dulu sob ini baru permulaan.Ban dalam ini tidak kita pasang sebagaimana kita memasang ban biasa pada umumnya,melainkan akan kita pakai dengan cara membelaknya yang nantinya berfungsi untuk menahan permukaan velg bagian dalam.
Ban dalam ukuran berapa yang harus disiapkan?
Jika sobat akan memasang ban di velg rim 17,maka sobat siapkan ban dalam dengan diameter 14,atau ban dalam morot matic,untuk ukuran ban dalam sendiri pilih ban dalam 2.50-14 atau 2.75-14,jangan pakai ban dalam dengan diameter sama dengan ban tubeless.
Jadi untuk memasang ban tubeless di velg jari-jari ini tidak memakai pentil tubeless sebagaimana memasang ban tubeless pada velg CW (Casting Wheel).
  • Peralatan bongkar ban,gunting dan cuter
Peralatan bongkar pasang ban motor saya kira sobat sudah tau apa saja yang harus disiapkan,namun kali ini sobat perlu satu tool lagi yaitu gunting,untuk apa gunting ini?
Gunting dipakai untuk membelah ban dalam yang sudah di siapkan tadi,belah permukaan terluar ban sampai sekelilingnya.

Baiklah sobat itulah kira-kira persiapan yang harus disiapkan sekarang kita lanjut ke cara pemasangannya.

1.Langkah pertama bongkark ban seperti biasanya dengan peralatan yang sudah disiapkan.

2.Selanjutnya masukan ban dalam yang sudah sobat belah tadi ke velg jari-jari yang akan dipasang  ban tubeless,pertama masukan pentil ban dalam kemudaian ban dalam dimasukan ke sekeliling velg  sampai rata,jangan lupa kencankan pentil dengan baut yang ada di ban dalam.

3.Samapai dengan langkah kedua ban dalam sudah terpasang mengelilingi velg,langkah berikutnya  yaitu memasang ban tubeless,pasanglah ban seperti biasanya pasanglah pelan pelan jangan sampai  ban dalam robek terkena sendok ban ini akan berakibat fatal.
 Jika ban tubeless sudah terpasang dengan benar langsung saja pompa ban tersebut dan jangan lupa  cek kdi sekeliling ban dengan air sabun pastikan tidak ada yang bocor.
4.Langkah selanjutnya atau yang terakhir yaitu memotong sisa ban dalam yang keluar dari velg  menggunakan cuter yang sudah sobat siapkan tadi,potonglah sekeliling ban dalam perlahan dan  usahakan rata sehingga terlihat rapi.

Sampai dengan tahap ini ban sudah berhasil sobat pasang,dan velg jari-jari sobat sekarang sudah menggunakan ban tubeless tanpa ban dalam,
Bagaimana sobat,mudah bukan memasang ban tubeless di velg jari-jari?
Sekarang tinggal sobat praktekan,bila menemui kesulitan silahkan bertanya tentu saya akan sangat senang membantunya,jika sobat merasa arikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke rekan-rekan dan saudara-saurdara.

Terima kasih atas kunjungannya di blog yang sederhana ini,semoga informasi yan diberikan bermanfaat dan bisa menginspirasi sobat semua,sampai jumpa di kesempatan lain.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-Jari"

  1. Kalo velgnya ukuran 1.60 & 1.85 bisa ga gan? Kan skarang ada ban tubless ukuran kecil jg tuh

    ReplyDelete