Ban Tubeless Rembes? Ini Penyebabnya

Mercari penyebab ban motor tubeless yang sering bocor alus (rembes) - Selamat pagi sobat portal kobar,di pagi yang cerah ini seolah memberikan tambahan semangat untuk kita semua yang akan memulai rutinitas yang terkadang membosankan.
Namun semua itu akan dirasa terganggu ketika alat transportasi pribadi khususnya motor kita mengalami bocor ban,tentunya hal ini akan menghambat aktifitas kita.
Oleh karena itu dalam pembahasan ini akan saya berikan beberapa tips dan cara mengetahui ban motor tubeless yang sering kempis dikarenakan bocor alus yang kita sendiri tidak tau dimana titik kebocorannya.

Kita ketahui bersama bahwa ban tubeless yaitu ban yang tidak menggunakan ban dalam,apabila ada sedikit saja celah angin maka akibatnya ban akan kempes,rembes atau biasa disebut bocor alus.
Maka dari itu kita perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi hal ini,caranya pun sangat mudah sobat bisa mempraktekannya dirumah.
Bila kebetulan sobat disini pernah mengalami hal seperti ini yaitu ban motor selalu rembes dan bolak-balik ke tukang tambal ban untuk mengisi angin sebaiknya periksa dengan seksama apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Cara Mengtasai Ban Motor Tubeless yang rembes

Baiklah sobat langsung saja kita ke inti dari pembahasan ini untuk lebih jelasnya perhatikan baik-baik uraian yang akan saya berikan dibawah ini,semoga bermanfaat ya sobat.
Ada 3 penyebab yang mengakibatkan ban motor tubeless sobat sering rembes yaitu:

1.Velg Kotor
Poin pertama yaitu kondisi velg yang kotor,velg cw (casting wheel) memang tidak berkarat,namun demikian kotoran yang menempel di bagian dalam velg yang disebabkan oleh ban lama atau,sisa cat velg atau dari kotoran lain yang menyumbat di bagian dalam velg persisnya yang menempel langsung dengan ban tubeless yang menentukan keluar tidaknya angin dari dalam ban,jika hal ini terjadi yaitu kondisi dalam velg yang kotor kemungkinan angin dari dalam ban bisa keluar sedikit demi sedikit yang mengakibatkan ban motor rembes.
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?
Penyebab ban motor tubeless yang bocor disebabkan dari velg yang kotor sobat bisa melakukan yang sangat simple seperti membersihkan velg.
Sebelum mengganti ban dengan yang baru atau tepat setelah ban lama terlepas dari velg gosok bagian dalam velg menggunakan sikat kawat sampai bersih,ada baiknya sobat sedikit meraba permukaan velg untuk memastikan sudah bersih dan kotoran sudah rontok oleh sikat kawat,jika sudah yakin bersih langsung saja sobat cuci dengan ari sabun sampai bersih kemudian lap velg yang sudah dibersihkan tadi.Sampai tahap ini sudah selesai sekarang sobat langsung saja pasang ban motor tubeless yang baru.

Ban baru sudah selesai dipasang langsung saja di isi udara dan ada poin yang sangat penting dalam hal ini yaitu kembali melihat kembali kondisi pinggiran velg pastikan tidak ada udara yang keluar,caranya isi udara sampai benar-benar terisis penuh atau ban dalam kondisi keras kemudaian cek menggunakan air sabun,jika ada udara yang keluar walaupun sedikit pasti akan terlihat,jika tidak ada udara yang keluar dari pinggiran velg maka bisa dipastikan pemasangan ban sudah sempurna.

2.Karet pentil tubeless rusak
Poin berikutnya yang menyebabkan ban tubeless sering rembes bisa juga disebabkan kondisi pentil tubeless yang sudah rusak,biasanya ini terjadi pada pentil tubeless besi dengan dua karet seal.
Mengapa hanya terjadi pada jenis pentil tubeless besi bukan jenis pentil tubeless karet seperti bawaan motor.
Jenis pentil tubeless besi baik itu jenis pentil tubeless bukaan dalam maupun bukaan luar keduannya menggunakan dua karet seal yang berfungsi untuk menahan udara keluar.
Yang menjadi masalah adalah karet seal ini sering kali rusah apabila dalam pemasanganya tidak benar,kerusakan pada karet seal ini diantaranya karet seal retak dikarenakan usianya sudah lama atau bisa juga disebabkan karet seal robek meskipun masih dalam kondisi baru dikarenakan pemasangan yang tidak benar atau pemasangan baut yang terlalu kencang yang mengakibatkan karet seal robek.

Untuk mengetahui karet seal dalam kondisi bagus atau tidak sobat bisa mengeceknya denga memberikan sedikit air sabun ken permukaan karet pentil tubeless dan lihat apakah ada udara yang keluar dari sela-sela karet tersebut,jika ternyata ada udara yang keluar maka bisa sipastikan karet seal sudah rusak.Jika hal ini terjadi sebaiknya ganti karet seal pada pentil tubeless dengan yang baru dan pastikan tidak ada udara yang keluar seperti di awal tadi.
Owh iya sobat tidak hanya mengganti karet seal yang rusaknya saja sebaiknya bersihkan juga velg terutama di sekeliling lubang pentil bagian dalam,biasanya bagian ini sering kali kotor yang disebabkan ada air yang masuk dari luar.

3.Ban Tubeless tertusuk benda tajam
Berikutnya ban tubeless yang sering rembes bisa juga disebabkan karena ban tertusuk benda tajam seperti paku,kawat dan benda tajam lainnya.
Tidak seperti ban biasa,ban tubeless bila tertusuk benda tajam udara dari dalam ban tidak akan langsung habis terbuang,dalam artian udara tetap keluar namun sedikit demi sedikit dan terkadang udara tidak keluar sama sekali padahal paku benar-benar menacap,inilah yang menjadi kelebihan ban motor jenis tubeless.
Jika sebelumnya sobat sudah melakukan dua cara yang sudah saya sebutkan diatas namun kenyataanya ban tetap saja rembes,kemungkinan pin ketiga inilah yang menjadi penyebabnya.

Cara mengatasi masalah ini sama saja seperti pin satu dan dua yaitu dengan mengecek menggunakan air sabun,pastikan ban dalam kondisi keras terisis angin untuk lebih memudahkan pengecekan titik rembesnya ban.Jika sudah ditemukan maka solusinya adalah menambal ban yang rembes tadi ke tukang tambal ban.

Bagaiman sobat,mudah bukan mengetahui penyebab ban tubeless yang sering rembes,dari ketiga cara tersebut ada kesamaan tindakan pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek menggunakan air sabun,ada baiknya sobat melakukan tiga poin diatas sekaligus untuk lebih meyakinkan dan titik yang rembes bisa lebih mudah ditemukan.
Itulah tiga penyebab ban motor tubeless rembes serta cara mengatasinya,semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat untuk sobat yang sedang kebingungan mengatasi ban motor sobat  yang selalau kurang angin dikarkenakan bocor alu.

Terima kasih atas kunjungannya,sampai jumpa di kesmpatan lain...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ban Tubeless Rembes? Ini Penyebabnya"

Post a Comment