Perawatan Ban Motor Tubeless Gak Takut Bocor

Perawatan Ban Motor Tubeless Type,kebanyakan pengguna kendaraan saat ini menggunakan ban tubeless dengan beragam alasan,selain ban yang lebih tebal dibandingkan dengan ban biasa,ban tubeless aman jika terkena paku,sekalipun bocor udara tidak akan langsung habis tidak seperti ban biasa.

Meskipun punya banyak kelebihan,perawatan ban tubeless harus rutin dilakukan tujuannya agar ban panjang umur,tidak cepat rusak.
Karena ban tubeless ini tidak menggunakan ban dalam,jadi sobat tidak perlu repot-repot menunggu lama bila terjadi kebocoran pada ban,cukup menggunakan karet tubeless dan menyumbatnya ke bagian yang bocor,selesai.

Jika pada artikel sebelumya saya sudah membahas cara merawat ban jenis tube type,kurang lengkap rasanya jika saya tidak memberikan tips perawatan ban motor tubeless.
Sebenarnya perwatan ban motor tubeless dengan ban motor biasa tidak jauh berbeda,hanya ada beberapa poin tambahan.
Baiklah kita mulai saja tips merawat ban motor tubeless supaya panjang umur dan gak gampang bocor.
ceritablogku.blogspot.com



  • Periksa tekanan angin ban
Tidak jauh berbeda dengan perawatan ban biasa,tekanan udara pada ban perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan secara rutin 1-3 bulan,sobat bisa datang ke bengkel-bengkel atau toko ban tempat sobat membeli ban,mintalah pengecekan kepada karyawan,jika tekanan angin kurang maka jangan ragu untuk menambah angin pada ban motor sobat.
Tekanan udara pada ban belakang 36psi dan ban depan 28psi dengan toleransi 3 psi,toleransi disini maksudnya tekanan udara boleh kurang atau lebih dari standar dengan toleransi 3psi.
  • Kurangi beban kendaraan
Beban yang melebihi kapasitas (overload) dapat merusak ban,kerusakan yang diakibatkan dari kelebihan beban muatan ini biasanya terjadi benjolan pada ban,terjadi keretakan pada ban.
Akibat lain dari bebean yang berlebih adalah dapat merusak velg motor sobat alias penyok.
  • Sebaiknya jangan gunakan cairan tubeless
Cairan tubeless saat ini banyak dijual di bengkel dan toko ban,tujuan ditambahkannya cairan tubeless ini menambal secara otomatis apabila ban motor tertusuk paku,biasanya cairan akan langsung menambal ruang yang bolong akibat terkena paku.
Tapi perlu diketahui cairan tubeless ini panas,sehingga dapat merusak jaringan-jaringan karet dan merusak compoud ban.
  • Gunakan Nitrogen
Perbedaan ban tubeless dengan ban biasa diantaranya karet ban tubeless lebih tebal jika dibandingkan dengan ban biasa,dengan kondisi karet yang tebal ini biasanya bila dipakai akan terasa keras seolah tidak mengimbangi kontur jalan.
Untuk mencegah hal ini dan memberikan kenyamanan lebih sebainya gunakan angin nitrogen,kelebihan nitrogen adalah ban akan terasa lebih empuk dan nitrogen bisa menyesuaikan suhu udara sehingga tetap nyaman bila dipakai dalam kondisi cuaca panas.
  • Bersihkan ban dari kotoran dan paku yang menacap
Saat soban mencuci motor sebaiknya bersihkan semua bagian luar motor tanpa terkecuali,salah satunya adalah ban,bersihkan kotoran,lumpur yang menempel.
Pada permukaan ban baisanya banyak logam-logam kecil yang menempel serta paku yang menacap,perlu dilakukan pengecekan apakah paku tersebut tembus ke permukaan dalam ban atau tidak,sobat bisa mengeceknya dengan melumaskan cairan sabun ke permukaan tersebut,apabila ada udara yang keluar sebaiknya tambal segera ban motor sobat.
  • Bersihkan bagian dalam velg
Beberapa kasus sering terjadi ketika pengguna ban tubeless mengeluhkan ban motor mereka sering kempes padahal tidak ada paku dan pentil dalam kondisi normal.Setelah diselidiki ternyata kebocoran disebabkan dari bagian dalam velg yang menyatu dengan ban kotor sehingga ban tidak menempel sempuran velg udarapun keluar sehingga ban selalu kempes.
Untuk menghindari hal ini sebainya sebelum pemasangan ban tubeless bersihkanterlebih dahulu bagian dalam velg bila perlu cuci dengan air sabun.
  • Gunakan ban dalam bila perlu
Mengapa harus pake ban dalam,?bukanya ban tubeless itu tanpa ban dalam?
Logikanya ban tubeless bisa menggunakan ban dalam tetapi ban biasa tidak bisa dijadikan tubeless.
Solusi untuk ban tubeless yang masih bagus,belum aus tetapi sering bocor bisaanya disebabkan oleh banyaknya bekas tambalan yang ada pada ban tubeless tersebut.
Bila sobat merasa ban tersebut masih layak digunakan,belum berniat mengganti ban baru karena belum gajian,deuhhh..sobat bisa memasangkan ban dalam pada ban tubeless.
Sebelum melakukan pemasangan ban dalam pastikan bekas tambalan karet tubeless dihilangkan,caranya jangan dicabut,tetapi cukup ratakan permukaan ban dalam menggunakan cuter.tujuannya agar ban dalam yang akan sobat pakai tidak rusak akibat bekas tambalan tersebut.

7 tips diatas bisa sobat terapkan jika sobat hendak menggunakan ban tubeless utuk motor sobat,terimakasih atas perhatiannya,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perawatan Ban Motor Tubeless Gak Takut Bocor"

Post a Comment