Merek dan Ukuran Ban Standar Untuk Motor Bebek

Ban ukuran standar bawaan pabrik atau ban ori dari masing-masing merek kendaraan biasanya berbeda,misalkan motor bebek merek Honda menggunakan ban Federal dan motor bebek Yamaha biasanya menggunakan ban merek IRC.
Ban ukuran standar motor bebek yaitu 70/70-17(2.50-17) untuk ban depan dan 80/90-17 (2.75-17) untuk ukuran ban belakang.

Untuk berbagai alasan banyak orang mengganti ban ban bawaan pabrik dengan ban merek lain baik itu pakai ban biasa (tube type) maupun tanpa ban dalam (tubeless type).
Hampir semua merek ban menyediakan ban ukuran standar motor bebek,beberapa merek ban dibawah ini yang paling banyak digunakan.


  • IRC
IRC NR 72 www.irctire.co.id

Banyak pilihan ban standar untuk motor bebek,sobat tinggal pilih kembangan yang menurut sobat cocok untuk dipakai di motor kesayangan.
Type ban merek IRC untuk motor bebek diantaranya NR 69,NR73,NR41,NR72,NR80.
Diantra kelima pilihan tersebut,saya rekomendaskan sobat pilih yang tipe NR 69,mengapa demikian,bukannya kualitasnya sama saja,kan satu merek?
Alasanya yaitu tipe ini jika sudah lama dipakai dan ban sudah mulai botak,habisnya akan rata,tidak seperti tipe lain yang terkadang terjadi benjolan padahal kembangan ban masih tebal.

  • FDR
Ban yang banyak diminati dan menyediakan berbagai ukuran dari ban biasa sampai ban tubeless,untuk ban bebek ukuran standar FDR menyediakan beberapa tipe seperti 
-Spartax
-Flemmo
-dan yang terbaru yaitu raven

Dari ketiga pilihan tersebut semuanya sama bagusnya hanya saja kembangan ban yang berbeda,untuk kembangan yang bagus saya rekomendasikan sobat pilih yang tipe spartak,design nya yang keren cocok untuk sobat terutama sobat yang masih muda.

Sedangkan untuk tipe lain utuk motor bebek biasanya ukurannya lebih lebar dan sudah tubeless seperti Genzi,Sport XR Evo dan FDR Sport XR.

  • Federal
Motor bebek honda kebanyakan memakai ban federal,ada empat jenis ban federal untuk motor bebek yaitu KPH dan KTM,KWW dan KWC.
Semua tipe ban federal tersebut berukuran standar dan yang paling banyak dipakai yaitu tipe KTM karena mudah didapat berbeda dengan tipe KWC,sedangkan untuk tipe KPH ukurannya sama standar tapi cenderung lebih tinggi karena menggunakan ukuran metric yaitu 2.50-17 dan 2.75-17.

  • Corsa
Banyaknya pilihan ban berbagai ukuran untuk semua jenis motor menjadikan ban motor merek corsa banyak diminatai masyarakan,untuk pilihan ban standar motor bebek,Corsa menyediakan beberapa pilihan diantaranya S88,SS09T,S01,ST08.
Dari keempat tipe ban corsa tersebut yang banyak diminati yaitu tipe SS09T dan SO1.

  • Dunlop

Untuk ban motor,Dunlop menyediakan beberapa tipe saja,untuk motor bebek biasanya memakai ban tipe TT900,pilihan lainnya yaitu D102 dan TT901. 
Ban merek Dunlop ini lebih murah dibandingkan dengan semua merek ban yang saya sebutkan,namun kualitasnya cukup bagus,permukaan ban dalam nya yang lembut sehingga tahan bocor akan tetapi ban dunlop ini sedikit keras dan licin bila dipakai di jalan basah.
  • Mizzle
Terakhir adalah merek Mizzle,ban lokal dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dari merek luar negeri ini banyak diminati terutama tipe power tread,ban yang cocok unuk berbagai kontur jalan.Pilihan lainnya untuk ban motor bebek standar yaitu Power grip dan windaz.
Yang banyak dipakai yaitu tipe power tread,bentuknya yang kotak-kotak dan sering juga dipakai untuk drag race,baik juga dipakai untuk jalanan licin dan berlumpur.

Itulah beberapa pilihan ban untuk motor bebek standar,kebanyakan ban ukuran standar menggunakan ban dalam,untuk menjaga supaya ban motor sobat tetap awet dan tidak gampang bocor.Lakukanlah perawatan dengan rutin supaya ban tetap awet.

Jadi bagaimana sobat?ban mana yang akan kalian pilih untuk motor bebekmu?
Pilihan ada ditangan sobat,tinggal pilih sesuai dengan selera masing-masing.
Itulah pilihan merek ban ukuran standar untuk motor bebek,jika ukuran standar itu dirasa kurang besar,sobat bisa memakai ban yang lebih besar setingkat diatasnya,misalnya jika ingin memerbesar ukuran ban belakang,sobat bisa pilih ukuran 90/80-17 atau 90/90-17.
Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merek dan Ukuran Ban Standar Untuk Motor Bebek"

Post a Comment