Cara Bongkar Pasang Ban Motor Manual

Cara bongkar pasang ban motor sendiri dirumah-hai sobat portal kobar jumpa lagi bersama saya di artikel sederhana ini.
Dalam kesempatan yang baik ini saya akan memberikan dedikit tips dan cara bongkar pasang ban motor manual atau dilakukan sendiri dirumah.Mungkin disini sobat ada yang sudah bisa melakukannya,atau ada yang masih mencari cara supaya bisa memasang ban motor dengan baik dan benar bisa dibaca cara yang saya berikan berikut ini.
Sebenarnya tidak lah sulit mengganti ban motor baru,jadi kalau sobat sudah tau caranya bisa dilakukan sendiri lumayan bisa ngirit ongkos bongkar pasang bukan?hheu,.
portalkobar.blogspot.com

Sebelum memulai mengganti ban motor pastikan sobat sudah memilih ban motor berkualitas yang tetunya sesuai dengan ukuran,ini penting untuk kenyamanan dan keamanan sobat dalam mengendarai motor kesayangan sobat.
Lalu apa saja peralatan yang harus disiapkan dan bagaimana langkah-langkahnya?

Peralatan bongkar pasang ban motory ang perlu sobat siapkan untuk bongkar pasang ban motor sebenarnya tidak banyak,biasanya yang sudah didapatkan yaitu sendok untuk membuka ban,namun jangan khawatir sobat bisa mendapatkannya di toko online,disitu banyak yang menjual sendok untuk membuka ban motor.

Dalam pembahasan ini saya akan memberikan satu contoh motor yang akan kita bongkar pasang bannya,yaitu ban belakang motor Honda Supra X 125 (Spoke), contoh nya sederhana saja ya,baiklah yang perlu sobat siapkan yaitu peralatan berikut ini:

  • Kunci pentil
  • Kunci pas 12,19 dan 14
  • Sendok ban
  • Pompa angin
  • Sikat kawat
  • Air sabun
Kira-kira itu tool yang harus disiapkan jika belum punya sobat bisa beli di toko sparepart atau bisa juga di situs jual beli on line.
Lalu bagaimana langkah-langkahnya setelah semua peralatan siap?
Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1.Langkah pertama lepaskan ban belakang dari motor dengan melepas baut menggunakan kunci 19 dan 14,setelah lepas kendorkan baut pentil pada velg ban dengan kunci 12 setelah itu buang udara dalam ban menggunakan kunci pentil.

2.Langkah selanjutnya cungkil bagian ban luar menggunakan sendok ban,jangan lupa untuk melepaskan diding ban yang menempel dengan velg supaya mudah mencungkilnya.
Setelah sekeliling ban terbuka,kemudian lepaskan ban dalam terlebih dahulu baru ban luar kemudian lepaskan hingga terpisah dengan velg.
Sampai tahap ini ban sudah berhasil dipisahkan dengan velg,jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam velg yang berkarat menggunakan sikat kawat,gosok sampai bersih bila perlu bersihkan dengan air sabun.

3.Langkah ketiga yaitu memasang ban baru,dalam pemasangan ban baru ini ada beberapa poin penting yang harus dilakukan supaya pemasangan sempurna,yaitu.

 -Pastikan arah rotasi sesuai dengan petunjuk pada ban

 -Sebelum di masukan ke velg pinggiran ban lumas dengan air sabun

 Kedua poin itu sangat penting agar pemasangan ban sempurna,pastikan ban dalam tidak    terjepit oleh sendok ban,hal ini sangat beresiko ban dalam akan robek terjepit sendok ban.

4.Ban motor baru sudah berhasil dipasang langkah selanjutnya memompa ban,isilah angin secukupnya jangan terlalu keras dan jangan terlalu kempes bila sobat punya alat pengukur tekanan angin pastikan tekanan angin 32 psi.
Kemudian sobat akan memasang kembali ban baru ke motor,sebelum dipasang sebaiknya bersihkan dulu bagian kanvas ban,gosong sampai bersih menggunakan sikat kawat,ini sangat penting karena biasanya rem berbunyi diakibatkan kanvas rem yang kotor.

Sampai tahap ini ban baru sudah selesai dipasang di motor,pastikan semua baut as sudah dikencangkan,setelah itu lakukan tes drive apakan pemasangan sudah benar dan motor sudah nyaman dipakai atau ada masalah.

Adapun masalah yang sering terjadi dalam pemasangan ban yaitu:

-As roda susah dilepas,biasanya akibat as berkarat solusinya bisa diketok menggunakan  palu sampai as keluar

-Ban dalam terjepit,disebabkan pemasangan kurang benar atau pelumasan dengan air  sabun kurang banyak sehingga ban tidak rata.

Baiklah sobat,itulah cara memasang ban motor belakang honda supra x,setiap motor mempunyai cara yang berbeda dalam pemasangan ban,lain kali akan saya coba berikan lagi tutorialnya.
Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom yang sudah disediakan dan jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman,sodara,rekan kerja dll,selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Bongkar Pasang Ban Motor Manual"