7 Penyebab Ban Motor Goyang Dumang dan Geol-geol

Ban motor yang goyang pastinya sangat tidak nyaman dipakai, apakah sobat pernah mengalaminya?,ban akan berasa getar dan goyang terutaman saat dipakai di jalan mulus dalam kecepatan tinggi.
Saya pernah merasakan kendala semacam ini sewaktu mengendarai motor matic di jalanan aspal yang mulus,ban akan terasa goyang bila menyentuh garis putih pembatas jalan,ban yang saya pakai waktu itu adalah ban motor bawaan/ban ori.
Dari situ saya mulai berfikir mencari penyebab mengapa ban motor goyang padahal jika diliha dari kondisinya ban masih bagus dan belum aus.
portalkobar.blogspot.com

Setelah saya mencari penyebabnya,ternyata ada kesalahan dalam pemasangan ban,yaitu pemasangan tidak rata dan akhirnya saya memutuskan untuk mengganti ban dengan yang baru.
Kendala semacam ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus.Kondisi ban yang tidak stabil kemungkinan ada beberapa sebab.
Maka dari itu pembahasan kita kali ini yaitu penyebab ban motor terasa goyang.
Setidaknya ada 7 faktor yang menyebabkan ban motor goyang,diantaranya:

1.Pemasangan ban

Pemasangan ban baru maupun ban lama jika si pemasang ban tersebut belum begitu mahir dalam hal bongkar pasang ban motor bisa menjadi salah satu penyebab ban motor sobat tidak nyaman dipakai.

Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan ban motor adalah melihat garis pinggir ban.
Jika garis ini tidak rata,kemungkinan ban akan geol-geol.
Penyebab ban tidak rata salah satunya adalah pemasangan ban dalam yang tidak sempurna (ban dalam terjepit) lebhi fatal lagi hal ini bisa mengakibatkan ban dalam motor robek.
Maka dari itu pemasangan yang benar supaya  ban mudah rata dengan velg sebaiknya lumas pinggiran ban dengan air sabun.
Tapi kebanyakan tukang tambal ban di pinggir jalan sana tidak mengunakan cairan sabun,melainkan menggunakan oli bekas,tentu hal ini sangat berbahaya selain merusak ban karena oli itu panas,kemungkinan fatal adalah tergelincir di jalan karena ban motor licin terkena oli.

2.Velg penyok

Ban akan terasa goyang apabila velg penyok,jalanan yang berlubang terkadang sulit dihindari apalagi ketika dalam keadaan kencang,akibatnya terjadi benturan roda dengan lubang jalan yang mengakibatkan velg penyok.

Bila terjadi hal seperti ini sebaiknya sobat datang ke bengkel press velg,sebainya jangan memakai prees velg manual,pakailah press velg yang menggunakan mesin hidrolik seperti Lombok motor.

3.Bearing oblak

Penyebab ban motor goyang selanjutnya adalah bearing yang sudah aus.

Bearing yang sudah berkarat biasanya gampang oblak,sebaiknya sobat sering mengecek kondisi bearing dan jika berkarat berikan pelumas di dalam bearing tersebut.

Oh iya,.penyebab bearing gampang berkarat salah satunya adalan dari cuci steam motor.

Ketika kita mencuci motor di tempat steam biasanya menggunakan semprotan air yang sangat kencang,kemungkinan air masuk ke dalam sela-sela as roda sehingga mengendap di bearing dan berkarat.

4.Baut as kendor
Seperti yang sudah saya sebutkan di poin pertama faktor human error dalam pemasangan ban bisa menjadi ban motor terasa goyang.
Pemasangan ban yang terburu-buru sehingga lupa mengencangkan baut as akan menyebabkan ban geol dan yang lebih fatal adalah ban terlepas dri motor,tentunya ini sangat berbahaya.

5.Komstir goyang
Bila sobat suka berakselerasi di jalanan berbelok,komstir yang goyang akan sangat terasa sehingga ban terasa goyang dan berbahaya untuk melakukan cornering.

6.Tekanan angin
Tekanan angin yang terlalu keras atau sebaliknya juga bisa menyebabkan ban terasa goyang,hal ini biasanya terjadi ketika ban motor menginjak garis putus-putus di tengah jalan.

7.kondisi ban

Penyebab yang terakhir yaitu kondisi ban yang sudah tidak layak pakai,ban yang sudah rusak seperti terjadi benjolan,retak.

Jika ban sobat sudah rusak dan tidak layak pakai sebaiknya ganti dengan ban baru.
Sobat bisa pilih dua jenis ban yaitu ban tubeless dan ban tube type.

Itulah kira-kira 7 penyebab ban motor sobat terasa goyang dumang ketika dipakai,jika sobat menemukan kendala yang sama tetapi diluar dari ketujuh faktor yang sudah disebutkan diatas,sobat bisa menceritakannya di kolom komentar sebagai tambahan referensi.

Terimakasih atas perhatiannya,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "7 Penyebab Ban Motor Goyang Dumang dan Geol-geol"

  1. Hahaha ngakak bro judulnya ada goyang dumang 😁 makasih infonya ...

    ReplyDelete
  2. Tambahan BG saya ganti ban si tukang tambal tidak sesuai ukuran benen ..yg ukuran ban 90/90 di pasang benen 70/70 jd balon tuh benen ..ya ga mau ngembang tu ban ..alhasil pas ngisi ban ga bau pas sudut2 nya...tukang tambal abal2 hati2 pastikan ukuran ban dan benen sama terimakasih.. sekarang ban saya ga oleng2 LG pengalaman untuk kedepannya

    ReplyDelete
  3. Tanya gan, mio cw dipasang ban tubles depan 80/90 n belakang 90/90 bisa ga ya? Thx

    ReplyDelete
  4. tambahan bang, periksa juga engine mounting nya bisa jadi sudah aus

    ReplyDelete
  5. Saya mau nanya om.ban blakang mtr sya suka goyang klau lg maju apanya y??pdhal bos arm ny udh dignti tp msih aja ttep goyang.kira2 kendalany ap y om?? Motor saya vixion om

    ReplyDelete
  6. Bang bang depan saya suka tiba tiba oleng kalo lewat garis putih jalan itu kenapa ya

    ReplyDelete
  7. Bang ban velg jari baru semua tapi masih kalo di jalan masih kayak kuda itu knpa bang

    ReplyDelete
  8. Merk dan tipe tertentu juga ada yang geol walaupun kondisi di atas normal semua

    ReplyDelete