Tips Memilih Ban Motor Berkualitas Untuk Kendaraan Anda

Tips memilih ban motor berkualitas untuk kendaraan pribadi anda,saat ini kendaraan roda dua atau sepeda motor sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia.
Hampir disetiap keluarga mempunyai kendaraan bermotor,hal ini dijadikan peluang bisnis yang sangat menjajikan bagi mereka yang berkecimpung di dunia otomotif dengan membuka toko-toko yang khusus menjual ban motor.

Hampir di setiap daerah terdapat toko khusus ban motor salah satunya planet ban.
Setiap harinya ada saja yang mengganti ban motor mulai dari yang hanya sekedar untuk modifikasi maupun sengaja mengganti ban motor karena kondisi ban sudah aus,sudah botak dan tidak layak pakai.

Untuk memilih ban motor baru yang sesuai dengan kebutuhan,sobat harus cermat memilih ban motor terbaik dan berkualitas,mengapa demikian?jelas,ini menyangkut keslamatan dan kenyamanan sobat selama berkendara,karena tak jarang salah satu faktor kecelakaan di jalan adalah kondisi ban yang sudah tidak layak pakai.
Dengan kondisi ini tentunya kita tidak mau kan celaka di jalan karena hal sepele yaitu salah memilih ban motor.

Pengalaman saya bekerja di sebuah toko ban motor di daerah Bandung menjadikan saya sangat paham dengan segala jenis ban mulai dari ban motor matic,ban motor bebek,ban tubeless sampai ban motor baru maupun ban motor vulkanisir.
Jika sobat hendak mengganti ban motor sobat,ada baiknya kita simak beberapa tips berikut ini supaya tidak salah dalah memilih ban motor untuk kendaraan sobat.



1.Ukuran ban
Untuk setiap jenis kendaraan bermotor,tentunya ukuran ban berbeda-beda,ukuran ban motor matic tidak sama dengan ban motor bebek.
Saya beri contoh ukuran ban untuk motor bebek yaitu ban depan 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17 (ukuran standar ).
Jika pemakaian motor untuk sehari-hari misalnya hanya untuk dibawa kerja sebaiknya pilih ukuran standar saja,akan tetapi apabila pemakaian motor untuk mengangkut beban berat untuk membawa barang dagangan misalnya,sebaiknya perbesar ukuran ban sobat yaitu 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ukuran ban belakang.
Tidak dianjurkan memperkecil ukuran ban,misalnya ban depan diperkecil menjadi 60/90 dan belakang 70/90,selain boros dalam pemakaian,memperkecil ukuran ban dapat mengakibatkan ban mudah bocor dan lebih fatalnya lagi sobat bisa kena tilang apabila terjaring razia karena ukuran ban yang tidak standar.
ceritablogku.blogspot.com

 2.Merek ban

Setelah ukuran ban sudah kita tentukan sesuai dengan kebutuhan,tips selanjutnya adalah memilih merek ban,merek adalah kualitas dimana setiap merek ban mempunyai kualitas yang berbeda.
Saat ini banyak sekali merek ban baik yang lokal maupun import,namun pada dasarnya semua ban mempunyai kelebihan dan kekurangnan masing-masing,saya beri contoh ban lokal yang banyak dipakai yaitu merek FDR.
Namun ada baiknya sobat meminta saran kepada karyawan toko ban menentukan merek yang cocok untuk ban motor sobat,karena mereka lebih paham tentang semua karakter ban motor,dengan demikian sobat akan diberi beberapa rekomendasi pilihan ban yang sesuai dengan motor.
Biasanya ban motor yang awet cenderung berbahan keras dan ban motor yang boros memilikir tekstur karet yang lembut,akan tetapi awet tidak nya ban motor tergantung pemakaian dan perawatan.

 3.Lihat Tanggal Pembuatan Ban

Yang tidak kalah pentingya dalam memilih ban motor adalah tanggal pembuatan ban,semakin lama tanggal pembuatan maka akan berpengaruh terhadap kualitas ban yaitu karet ban yang lebih keras dan kaku,dampaknya adalah cengkraman terhadap aspal jadi berkurang.begitupun sebaliknya apabila tanggal pembuatan ban masih baru,bisa dipastikan kualitas ban terjamin.
Untuk mengetahui hal ini,sobat bisa cek di bagian ban tersebut angka seperti ini (01 17) itu artinya pembuatan ban pada minggu pertama di tahun 2017.


    4.Corak/Kembang Ban

Kembangan ban salah satu faktor penting dalam memilih ban motor,dengan model kembangan ini akan terkesan gagah dan stylish.Dengan tidak mengesampikan hal tersebut ternyata kembangan ban memiliki fungsi tertentu.
Kembangan ban untuk roda depan sebaiknya pilih dengan garis tengah yang seolah membelah ban tersebut,garis itu sangat berguan untuk membelah air saat kondisi jalanan basah,bisa sobat perhatikan setiap ban motor bawaan pabrik biasanya ban depan selalu bergaris tengah.
Untuk kembangan ban belakang tidak harus yang ada garis tengahnya tapi diusahakan kembangan susuai dengan ban depan agar terlihat serasi.

     5.Jenis Ban

Ada dua jenis ban motor yang bisa kita temukan di toko-toko penjualan ban motor,yaitu ban motor Tube type dan ban motor Tubeless.
Ban jenis Tube type adalah ban motor yang menggunakan ban dalam,sedangkan ban motor jenis Tubeless adalah ban motor yang tidak menggunakan ban dalam.

Sobat tinggal pilih ban jenis apa yang sobat inginkan,saran saya apabila velg motor sobat sudah cw (casting wheel) sebaiknya pilih ban jenis tubeless,selain ban yang lebih tebal ban tubeless mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki ban jenis tube type.
Apabila velg ban motor sobat memakai velg jari-jari sebaiknya pakai ban jenis tube type saja,karena harganya lebih murah.

     6.Harga Ban

Harga ban perlu kita pertimbangkan sebelum sobat membeli ban motor,pengalaman saya selama bekerja di toko ban motor kebanyakan pembeli selalu menanyakan harga,tawar menawar itu selalu terjadi,karena menawar harga itu hak pembeli dan merupakan prinsip ekonomi.
Untuk ukuran ban motor bebek standar biasanya berkisar kurang lebih 300 ribu untuk sepasang ban motor,perbandingan harga di setiap merek ban tidak terlalu jauh untuk ukuran ban standar dengan ukuran yang sama.

Itulah beberapa tips memilih ban motor untuk kendaraan sobat,semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang masih bingung memilih ban motor yang sesuai dengan kebutuhan sobat.
Keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Ban Motor Berkualitas Untuk Kendaraan Anda"

Post a Comment