Cara Cepat Pasang Ban Belakang Motor Matic Kurang Dari 10 Menit

Memasang ban belakang motor matic-hai sobat portal kobar,pernahkah anda memasang ban motor sendiri tanpa harus kebengkel?
Memasang ban motor itu gampang-gampang susah,butuh keahlian khusus untuk melakukannya,salah sedikit saja beresiko untuk perjalanan anda.
Namun semua itu bisa diatasi jika kita mau belajar,bukan begitu sobat?

Kesalahan pada pemasangan ban yang paling sering dilakukan oleh seorang yang baru belajar bongkar pasang ban motor yaitu kembangan ban terbalik,jika dilihat kembangan terbalik ini akan terlihat lucu dan aneh bahkan bisa berbahaya kalau di biarkan,karena fungsi alur ban tidak mencengkram dengan sempurna.

Taukah sobat cara memasang ban motor yang paling gampang itu ban motor matic khususnya ban belakang.
Yaps ini yang akan saya ceritakan berdasarkan pengalaman saya memasang ban belakang motor matic dengan cara cepat bahkan tidak sampai 10 menit.
Bagaimana bisa?
Caranya mudah ko sob,jika seblelumya anda pernah melihat orang pasang ban motor atau tukang tambal ban yang bongkar pasang ban dengan cara menual/tidak menggunakan mesin mungkin sudah biasa.
Lalu bagaimana caranya memasang ban belakang motor matic dengan cara cepat?

Adapun jenis motor matic yang bisa dilakukan dengan trik yang akan saya berikan sibawah ini yaitu jeni matic seperti ban belakang motor Beat dan Mio,atau jenis matic yang tidak memakai bracket tambahan di roda belakngnya.

Baiklah sobat sebelumnya siapkan dulu peralatan sederhana yang wajib ada yaitu:

  • Sendok congkelan ban
  • Kunci pentil
  • Kunci pas/ring 12
  • Air sabun
  • Ban baru
Itu saja peralatan yang dibutuhkan,tanpa harus memakai kuci inggris,kunci L,kunci shock dan kunci-kunci lainnya untuk melepas roda dari motor sobat.

Semua peralatan sudah siap saatnya kita mulai ganti ban belakang motor maticnya.
Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

1.Pastikan motor dalam posisi standar duduk/standar dua.

2.Lepas baut 12 yang ada di pentil menggunakan kunci yang sudah disiapkan tadibyaitu kunci 12,kemudian buang angin dalam ban menggunakan kunci pentil.

3.Tekan pinggiran/dinding ban pastikan bahwa ban luar tidak merekat dengan velg,jika sudah longgar langsung saja lepas ban dari velg nya dengan mencungkil menggunakan sendok ban yang sobat siapkan tadi,kemudian tarik ban dalam terlebih dahulu setelah itu keluarkan ban melelui sele-sela antara knalpot dan velg "tidak perlu melepasa knalpot".

4.Sampai tahap ini ban lama sudah terlepas dari velg,langkah selanjutnya memasang ban baru.
Lumas pinggiran ban baru dengan air sabun kemudian masukan ban melalui sela-sela antara velg dan knalpot sperti melepas ban luar tadi.

5.Masukan ban ke velg,separuhnya dulu karena sobat harus memasukan ban dalam,setelah ban dalam masuk dengan sempurna saatnya menyatukan ban luar dengan velg,pastikan ban dalam masuk dengan sempurna dan garis pinggiran ban luar rata/sejajar dengan velg.

6.Sampai tahap ban sudah terpasang dengan baik dan pemasangan ban sudah selesai,selanjutnya pompa ban dan pastikan tekanan angin sesuai standar,biasanya ban belakang tekanan angin 32psi.

Bagaimana sobat,mudah bukan memasang ban belakang motor matic,akan lebih mudah lagi jika memasang ban tipe tubeless karena kita tidak perlu memakai ban dalam.

Adapun kesulitan yang ditemukan ketika memasang ban dengan cara ini yaitu ban luar yang susah di keluarkan karena posisi velg dan knalpot terlalu sempit,ini biasanya dikarenakan ukuran ban terlalu besar,jika sobat menemukan masalah seperti ini,trik untuk mengatasinya mudah,ini trik nya.
  • Kedorkan baut knalpot,baik itu baut pada bracket knalpot maupun pada ujung exhaust/leher angsa "cukup kendorkan saja"
  • Lumas dengan air sabun di bagian ujung ban yang bersentuhan langsung dengan velg maupun knalpot,tujuannya supaya ban lebih mudah masuk karena dibantu oleh air sabun yang cenderung licin.
Perlu sobat ketahui bahwa tidak semua jenis motor matic bisa dilakukan dengan trik ini,jenis matic tersebut duantaranya Xeon,Skywave,Vario 125 dan semua jenis matic yang terdapat bracket tambahan di ban belakangnya.

Baiklah sobat itulah trik mudah memasang ban belakang motor matic,semoga bermanfaat dan silahkan praktekan di motor sobat bila kebetulan sobat akan mengganti ban belakang motor maticnya.
Jika menemukan kesulitan silahkan bertanya,saya akan senang membantunya,dan jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan share.
Terima kasih atasnkunjungan sobat di blog yang sederhana ini,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Pasang Ban Belakang Motor Matic Kurang Dari 10 Menit"

Post a Comment