Masalah Pada Pemasangan Ban Motor Tube Type

Permasalahan pada pemasangan ban motor - Sobat portal kobar pecinta dunia otomotif,pernahkah kalian memasang ban motor sendiri?jika belum pernah atau masih akan mencoba belajar sobat bisa cari dalam blog ini bagaiman memasang ban motor yang benar.
Namun sebagai pemula dalam hal bongkar pasang ban motor tentunya tidak semudah yang dibayangkan atau tidak seperti teori saja,perlu ada action supaya kita mengetahui masalah dan tentunya akan semakain menambah pengetahuan bongkar pasang roda motor dengan belajar dari kesalahan/trial error.

Dalam postingan ini akan coba sedikit saya ceritakan pengalaman saya ketika memasang ban motor bisasa atau disebut juga jenis tube type atau sobat bisa lihat tulisan "tube type" di permukaan ban.
Memasang ban motor yang benar tentunya harus melalui langkah-langkah yang benar pula supaya tidak mendapatkan masalah nantinya.Oleh karena itu penjelasan di bawah ini semoga bisa membantu teman-teman memecahkan masalah yang kebetulah sedang kebingungan ketika menemukan masalah dalam memasang ban motor tube type.

Lalu apa saja masalah tersebut,pengaruhnya seperti apakah sehingga harus saya tulis dalam blog yang sederhana ini,?permasalahan pemasangan ban motor biasa diantaranya seperti ban dalam robek terkena sendok ban,as roda susah dibuka,ban susah rata,ban tidak nyaman dipakai dan masih banyak lagi masalah yang lainnya yang akan saja jelasakan dibawah ini beserta cara mengatasinya.

Baiklah sobat langsung saja kita menuju pembahasan utama yang akan kita kupas satu-persatu,perhatikan penjelasan berikut ini mengenai permasalahan yang sering muncul ketika memasang ban motor biasa (tube type).

1.Ban dalam bocor (Tercongkel sendok)
Permasalahan peratama yang bisa dikatakan paling fatal akibatnya yaitu ban dalam bocor dikarenakan terjepit sendok ban.Kita ketahui bersama bahwa ban tube type itu jenis ban yang menggunakan ban dalam dan sangat riskan jika ceroboh dalam memasngnya.
Pengalaman saya ketika pertama kali memasang ban biasa seperti ini,ban dalam sering kali terjepit oleh sendok pencongkel ban,akan tetapi seiring dengan kebiasaan dan pengalaman masalah ini bisa saya atasi sehingga tidak lagi mengalami hal seperti ini.
Bagaimana caranya supaya tidak mengalami hal seperti ini?
Sebelum memasang ban baru ataupun ban lama sebaiknya memasang dengan hati-hati perlahan-lahan dan pastikan ban dalam sudah masuk dengan sempurna,sebelum pencongkelan terakhir sebaiknya tekan ujung ban yang berlawanan dengan ban pencongkelan ban terahkir dalam pemasangan ban motor.
Perlu sobat ketahui bahwa masalah ini sering kalai terjadi dalam pemasangan ban dalam,bukan pelepasan ban dalam.
Sebelum mulai memasan kembali ban motor,sebaiknaya lumas terlebih dahulu pinggiran ban dengan air sabun supaya ban mudah rata,ini sangat penting karena pemasangan ban akan lebih mudah.
Jika sobat mengganti ban dalam dengan ban dalam baru sebaiknya isi sedikit udara,sedikit saja ya sob,ini sangat penting karena ban dalam baru itu tidak ada anginny sama sekali,oleh karena itu untuk menghindari ban dalam terjepit saat dipasang sebaiknya isi udara sedikit saja terlebih dahulu.

2.Ban susah rata
Jika sebelumnya sobat sudah terbiasa memasang ban motor dengan mudah,sekali pasang isi angin selesai.Tetapi suatu ketika dilihat pinggiran ban yaitu garis ban dengan velg tidak rata yang mengakibatkan ban geol-geol sebaiknya bereskan terlebih dahulu permasalahan ini.
Adapun penyebab ban tidak rata diantaranya,velg yang sudah harus di press,ban luar yang sudah rusak dan kualitas ban yang buruk.
Untuk mengatasi hal ini sobat bisa coba buang udara pada ban yang sebelumnya sudah terisi kemudian lumas kembali dengan air sabut di bagian ban yang tidak rata tersebut setelah dilakukan,pompa kembali ban tersebut.
Jika cara dengan cara ini ban masih saja tidak rata,solusi berikutnya yaitu pukul pinggiran ban menggunakan palu karet sampai rata,peralatan mamasang ban salah satunya yaitu palu karet yang bisa sobat pakai jika menemukan masalah seperti ini.

3.Pentil ban dalam miring
Pernahkan sobat melihat pentil ban dalam yang tidak biasanya atau dalam posisi miring,apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasnya?
Pemasang ban motor yang masih pemula sering kali menemukan masalah seperti ini yaitu pentil ban tidak berdiri tegak,lalu apa pengaruhnya jika ini dibiarkan terus-menerus.Jika hal ini dibiarkan berkelanjutan kemungkinan ban ban dalam akan robek karena terus tertekan oleh udara pada ban.
Bagaimana solusinya ketikak menemukan masalah seperti ini?
Sebelum mulai mengisis udara sebaiknya sobat cek terlebih dahulu sekeliling ban dan pastikan sudah terpasang dengan baik,jika pentil ban dalam miring,tindakan yang perlu dilakukan yaitu dengan menggeser posisi antara velg dan ban luar,injak ban dan tangan memegang jeruji kemudian geserkan sampai posisi pentil tegak lurus.

Baiklah sobat itulah tiga poin yang sering ditemukan dalam memasang ban motor,jika kebetulan sobat menemukan masalah seperti yang saya utarakan diatas semoga penjelasan tersebut bisa membantu sobat memecahkan masalah dalam pemasangan ban motor tube type.
Jika sobat menemukan masalah lain seperti roda susah dilepas,atau ban luar yang susah dilepas,atau masalah lainnya,ada baiknya sobat bertanya di kolom komentar,saya akan sangat senang menjawabnya.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang kebetulan sedang mencari informasi seputar pemasangan ban motor atau informasi seputar ban motor lainnya.
Terima kasih atas kunjungannya di blog yang sederhana ini,sampai jumpa di artikel dan kesempatan lain,salam sukses,..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Masalah Pada Pemasangan Ban Motor Tube Type"

  1. Bagaimana caranya saat kita membongkar ban luar menggunakan sendok ban agar pelk tidak lecet?

    ReplyDelete