Membedakan Ban Motor Tubeless Type (TL) dan Ban Tube Type (TT)

Membedakan Ban Motor Tubeless Dan Ban Tube type Biasa, Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting,oleh karena itu  perlu memilih ban yang tepat sesuai dengan kendaraan dan kondisi jalan.Ada dua pilihan jenis ban yaitu ban tubeless dan ban tube type,nah inilah yang akan kita bahas pada kesempatan yang baik ini.

Seiring dengan terus meningkatnya kendaraan bermotor dari berbagai merek,banyak pula perusahaan yang berdiri khusus memproduksi ban motor baik dari dalam dan luar negeri.
Ada tiga tingkatan ban motor yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan,yaitu hard/keras(H),medium/sedang (M/C) dan Soft/lunak (S).


Untuk pemakaian motor harian biasanya menggunakan ban medium,selain aman dipakai ban tipe ini juga awet,sedangkan ban tipe Soft biasanya digunakan untuk motor balap.

Perbedaan ban motor tubeless dan tube type saya rasa sangat mudah membedakannya,dan yang paling menonjol untuk membedakan kedua jenis ban ini yaitu dari namanya.
Jika sobat membeli ban,pada bungkus bahkan pada karet ban sudah tertulis disitu jenis ban,tulisannya yaitu "tube type untuk ban biasa dan tubeless"


Bagi sobat yang masih bertanya-tanya apa sih perbedaan ban tubeless dengan ban biasa itu,?
Supaya sobat tidak bingung dan tidak bertanya-tanya dalam hati lagi,ada baiknya sobat membaca sampai akhir ulasan yang akan saya berikan dibawah ini supaya sobat tidak bingung ketika datang ke toko ban kemudian ditanya cari ban tubeless atau yang biasa.

Baiklah langsung saja ya sobat mari kita bahas bersama perbedaan ban tubeless dan ban biasa.

#Ban tube type


Ban tube type atau ban biasa (TT) adalah ban yang menggunakan ban dalam (inner tube) ban tipe ini biasanya dipakai di velg jari-jari (Spoke wheel).Biasanya digunakan pada motor bebek lama,akan tetapi motor baru pun masih banyak yang menggunakan ban tube type seperti dipakai di motor matic.

Perawatan ban motor tube type secara rutin perlu dilakukan supaya ban tidak gampang rusak,masalah yang sering timbul dari ban type yaitu sering bocor alus.

Setiap jenis ban baik yang tubeless maupun tube type mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,oleh sebab itu perlu sobat ketahui kelebihan dan kerkuranggannya:

Kelebihan ban tube type
·         Lebih nyaman dipakai di jalan berlubang terutama bila menggunakan velg jari-jari,biasanya ban jenis ini ukuranya standar atau lebih kecil.Untuk berbagai alasan biasanya orang cenderung memilih ban biasa seperti motor modifikasi misalnya,biasanya menggunakan ukuran ban yang lebih kecil,lalu apa sih kelebihannya?
  • Lebih murah
  • Motor lebih ringan dipakai sehingga irit bahan bakar
  • Ongkos tambal ban cukup murah

Kekurangan ban tube type
  •       Bila terkena paku,angin dari dalam ban akan langsung habis
  •       Gampang bocor

#Ban tubeless


Ban Tubeless type (TL)  adalah tipe ban tanpa ban dalam,karena tidak menggunakan ban dalan,ban tipe ini cenderung lebih tebal dibanding ban biasa.
Kelebihan ban tubeless yaitu bila ban tertusuk paku,angin di dalam ban tidak akan habis seketika,bila hal ini terjadi dan sobat tidak menemuakan tambal ban tubeless,sobat bisa menambahkan angin sementara sehingga motor tetap bisa dikendarai.

Perawatan ban motor tubeless secara berkala harus dilakukan misalnya tekanan angin.
Ban jenis ini biasanya digunakan di motor-motor besar dengan ukuran ban yang juga besar,namun saat ini tidak hanya motor besar saja yang memakai ban tubeless,motoro bebek dan maticpun banyak yang memakai ban tubeless,karena kebanyakan motor sekarang sudah memeakai velg cw (casting wheel).
Adapun kelebihan dan kekurangan ban tubeless diantaranya:

Kelebihan ban tubeless
  •      Ban lebih tebal
  •      Penambalan lebih praktis
  •     Lebih aman dalam berakselerasi (cornering)

Kelemahan ban tubeless
  •      Harga ban relative mahal
  •      Ongkos tambal ban mahal
Bagaimana sobat,sudah paham perbedaan serta kelebihan ban tubeless dan ban biasa?
Sekarang sobat tinggal tentukan jenis ban mana yang paling cocok untuk motor sobat.

Itulah kira-kira perbedaan ban tubeless dan ban biasa versi portalkobar,sobat tinggal pilih yang menurut sobat sesuai dengan kualitas maupun isi dompet,hheu,.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang masih bingung menentukan ban terbaik untuk motor kesayangan sobatt,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Membedakan Ban Motor Tubeless Type (TL) dan Ban Tube Type (TT)"

  1. Artikel Yang Menarik! Ayo daftarkan dirimu segera, hanya di DOMINOQQ ONLINE. Hanya dengan minimal dposit 25 ribu saja sudah bisa langsung main dan bisa dapat Jackpot yang besar. Ayo buruan daftarkam segera.

    ReplyDelete
  2. Artikel Yang Menarik! Ayo daftarkan dirimu segera, hanya di DOMINOQQ ONLINE. Hanya dengan minimal dposit 25 ribu saja sudah bisa langsung main dan bisa dapat Jackpot yang besar. Ayo buruan daftarkam segera.

    ReplyDelete