Mengatasi Ban Motor Yang Sering Bocor Alus

Tips mengatasi ban motor yang sering kemper/bocor alus.Saat ini memiliki sepeda motor sudah menjadi kebutuhan utama,untuk bekerja bahkan untuk keperluan sehari-hari.
Namun terkadang kita merasa kesal ketika hendak memakai motor namun tiba-tiba ban motor kita kepes bahkan sering kempes padahall sudah di isi angin berulang-ulang.
Untuk menganisipasi hal tersebut mulai sekarang rawatlah ban motor sobat supaya tetap siap digunakan kapanpun dimanapun tanpa ada hambatan karena ban motor kempes.
portalkobar.blogspot.com
gambar dari merdeka.com

Ada beberapa kemungkinan ban motor sering kempes/bocor alus diantaranya:

  • Bagian dalam ban yang kotor
Partikel kecil seperti pasir biasanya masuk ke dalam ban,bila hal ini terjadi maka akan terjadi gesekan antara pasir dan ban dalam,ini bisa menyebabkan ban motor gampang kempes.
Selain pasir yang masuk kedalam ban,ada juga partikel lain yaitu karat dari velg ban,biasanya tejadi karena velg jarang dibersihkan,bila sering terkena air biasanya velg mudah berkarat.
  • Permukaan dalam ban kasar
Terkandang kita melihat kondisi ban hanya dari luarnya saja,namun akhir-akhir ini ada beberapa jenis ban yang permukaan dalamnya kasar,ini yang sering mengakibatkan ban motor bocor alus.
  • Ban sudah tipis
Sudah pasti ban motor yang sudah aus akan mudah bocor,selain mudah bocor ban yang sudah tipis berbahaya jika terus dipakai terutama dalam kodisi jalan basah.Untuk melihat keausan ban,sobat bisa lihat tanda "segi tiga" di bagian sisi ban kemudian lihat tonjolan kecil yang ada di permukaan ban.
  • Kualitas ban dalam
Jangan sembarangan dalam atau akibatnya akan fatal,selain ban gampang bocor,kemungkinan teburuk adalah ban gampang pecah sangat berbahaya bila terjadi pecah ban apalagi saat dikendarai.
Maka dari itu pilihlah ban dalam yang berkualitas,ban dalam yang tebal dan lentur sangat baik dipakai untuk keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Setelah mengetahui kemungkinan ban sering kempes,sobat bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengantisipasi ban motor yang bocor alus supaya tidak sering mengisi angin di tukan tambal ban.Jika setiap hari ban motor sobat selelu kempes dan mengisi angin di tukang tambal ban rata-rata per bannya Rp.1.000,- jika hal ini dibiarkan terus menerus maka dalam seminggu saja bisa dipastikan sobat akan mengeluarkan uang Rp.7.000,- bisa dibayangkn bukan berapa pengeluaran sobat dalam sebulan kalau ban motor yang sering kempes dibiarkan terus menerus.

Maka dari itu perawatan ban motor supaya tidak kempes terus menerus wajib dilakukan dan
Perawatan ban motor jenis tube type yang rutin harus dilakukan.
Hal yang perlu dilakukan seperti:
  • Membersihkan ban
Bagian luar ban yang bersih selain membuat ban lebih panjang umur juga akan enak dipandang,tetapi jangan hanya bagian luarnya saja yang dibersihkan,usahakan membersihkan bagian dalam ban secara berkala tiga bula sekali untuk antisipasi ban bocor alus.

Bagian yang harus dibersihkan diantaranya:

*Buang pasir dan karat di permukaan dalam ban

*Bersihkan bagian dalam velg dengan cara menggosok pakai sikat kawat kemudian cuci    dengan air sabun.

*Bagian dalam velg jari-jari biasanya ada karet kecil yang mengelilingi velg yang berfungsi     mencegah gesekan antara ban dalam dan ujung jari-jari,jika tidak ada karet ini maka
  pasanglah dan   jika kondisinya sudah rusak dan berkarat sebaiknya diganti.
  • Memakai kampas ban
Yang dimaksud kampas ban yaitu ban dalam bekas yang dibelah kemudian dimasukan ke permukaaan dalam ban (di dobel) memungkinkan ban akan lebih aman.
Alasan mengapa harus menggunakan kampas ban yaitu ban ban luar yang dipakai masih bagus namun permukaan dalam ban yang kasar sehingga gampang bocor.
  • Tekanan angin
Terkadang kita tak sadar memakai motor dalam kondisi ban yang kurang angin dan baru akan sadar ketika ban sudah bocor,maka dari itu harus rutin mengontrol tekanan angin.Gunakan cara darurat dengan menekan permukaan ban menggunakan tangan,gunakan insting sobat jika dirasa kurang angin maka tambahlah,ada baiknya menggunakan angin nitrogen.

Itulah beberapa tips mengatasi ban motor yang bocor alus,pakailah ban motor yang berkualitas untuk keamanan sobat,bagaimana memilih ban motor yang berkualitas?sobat bisa lihat artikel saya sebelumnya "Memilih ban motor berkualitas"
Sekian informasi dari saya jika merasa informasi ini bermanfaat ada baiknya berbagi,terimakasih atas perhatiannya,keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Ban Motor Yang Sering Bocor Alus"

Post a Comment