Mengetahui Umur Pemakaian Ban Motor

Mengetahui umur pemakaian ban motor,bagian kendaraan yang perlu diperhatikan salah satunya adalah ban motor,untuk alasan kemanan dan kenyamanan sebagiknya sobat tau kapan ban motor harus diganti.Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan.

Bagian motor yang bersentuhan langsung dengan jalan ini memang mempunyai peranan vital dalam berkendara,namun apa jadinya jika ban motor sobat sudah aus/gundul?
Kemungkinan yang terjadi diantaranya mudah tergelicir saat dikendarai terutama saat saat hujan,akibat lainnya yaitu ban akan gampang bocor.
portalkobar.blogspot.com

Untuk menghidari hal tersebut sebaiknya sobat cek secara berkala kondisi ban,biasanya ban akan mulai aus setelah setahun pemakaian bahkan kurang,bila motor sobat adalah motor sibuk hheu,.

Hal pertama yang harus diperahtikan yaitu meliha kondisi ban,sangat mudah untuk melihat keausan ban,karena di setiap ban pasti ada dua tanda yang mendandakan keausan ban yaitu tanda segitiga dan tonjolan kecil di permukaan ban.Selain melihat tanda ini,sobat juga bisa melihat kerusakan ban,kerusakan yang terjadi umumya ban retak,benjol dan bergelombang,itu bisa dilihat dari luar.
Kerusakan ban tidak hanya dari luarnya saja,terapi dari dalam juga sangat mungkin terjadi kerusakan dan yang jelas tidak bisa kita lihat jika tidak membongkarnya.
Akan tetapi kita bisa melihat tanda-tanda bahwa bagian ban dalam sudah rusak,seperti ban sering bocor diakibatkan permukaan di dalam ban yang kasar sehingga terjadi gesekan antara ban dalam dan ban luar.

  • Tanda segitiga


TWI (Tread wear indicator) atau tanda keausan ban bisa sobat temukan di sekeliling pinggir ban tanda segitiga yang mengarah ke arah permukaan ban menujukan tingkat keausan ban.Tanda ban sudah mulai aus setelah tonjolan kecil yang berada di permukaan ban mulai terkikis.
Jika hal ini terjadi sebaiknya sobat mulai pikirkan untuk membeli ban baru.

  • Tonjolan kecil (tanda keausan ban)

Sejajar dengan tanda segitiga,ya,..itulah cara mudah menemukan tanda TWI yang mengindikasikan keausan ban,jika tonjolan ini sudah terkikis atau bahkan sudah rata segeralah ganti ban motor sobat.

Umur pemakaian ban motor dealnya umur ban motor itu berapa lama sih?,berapa tahun sih? 
Jawaban yang menurut saya paling tepat adalah tergantung pemakaian.

Mengapa demikian?Saya pernah bekerja di sebuah toko ban di kota Bandung,saya sempat bertanya kepada beberapa pembeli ban tentang berapa lama pemakaian ban motornya?jawabannya berbeda-beda ada yang 1 tahun,2 tahun bahkan ada yang 4 tahun dan belum pernah ganti ban sejak beli motor.Jadi tidak bisa dipastikan berapa lama umur ban tersebut karena setiap pemakai motor berbeda,ada yang sibuk dan juga ada yang hanya dipakai kadang-kadang.

Motor yang jarang dipakai membuat ban lebih panjang umur dibanding dengan motor yang dipakai tiap hari dan akan lebih boros pemakaian ban di jalan aspal dibanding jalan tanah.
Jangan tunggu ban sampai botak

Selain melihat tanda TWI,lihat juga tanggal pembuatan ban.Karet ban akan berfungsi dengan baik umumnya dalam waktu 4 tahun,setelah melebihi waktu tersebut biasanya ban akan terasa licin.
Selain licin bila dipakai terutama di jalan basah,biasanya pinggiran ban akan mengalami keretakan,bahkan yang paling parah adalah adanya benjolan di permukaan ban sehingga tidak nyaman dipakai.
Untuk mengetahui berapa umur ban sobat,bisa dilihat tanggal pembuatan ban.
Berikut ini akan saya berikan contoh tanda tanggal produksi ban yang pasti tanda ini ada di motor sobat.
Carilah angka seperti ini " Contoh (43 15) " angka tersebut menunjukan tanggal produksi ban keterangannya seperti ini.


Angka 43=Minggu pembuatan

Angka 15=Tahun pembuatan


Kesimpulan
Umur pemakaian ban motor dibagi menjadi dua indikator yaitu dengan melihat tanda TWI dan melihat tanggal pembuatan ban.
Namun diluar itu pada dasarnya saya berkesimpulan lain bahwa umur ban tidak selalu berpatokan pada tanda tersebut,umumnya awet tidaknya ban motor itu tergantung pemakaian.

Demikian pembahasan kali ini tentang umur pemakaian ban motor,semoga ulasan ini bermanfaat dan jangan lupa share karena berbagi itu indah,sampai jumpa di kesempatan lain,Keep safety riding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui Umur Pemakaian Ban Motor"

Post a Comment